Pertama-tama kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia kesehatan sehingga kita tetap dapat menyelenggarakan Kongres Nasional ke XIV dan PIT PERNEFRI 2020. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana kita dapat berkumpul bersama, penyelenggaraan acara tahun ini dilakukan secara virtual mengingat pandemi Covid-19.

Kemajuan ilmu kedokteran di bidang Nefrologi dan Hipertensi yang demikian cepat menuntut kita untuk terus mengikuti perkembangan ilmu, dan diharapkan dapat menerapkannya secara optimal pada praktik klinis sehari-hari yang disesuaikan dengan sarana, prasarana dan sistem pembiayaan kesehatan nasional. Pertemuan kali ini mengusung tema “Integrated Collaboration for Excellent Kidney Care”, yang menitikberatkan mengenai pentingnya kolaborasi multidisiplin yang terintegrasi dengan tujuan memberikan pelayanan penyakit ginjal secara terpadu dan komprehensif sehingga dapat memberikan hasil luaran yang optimal. Masalah penyakit ginjal di Indonesia yang makin meningkat berdampak terhadap kualitas hidup yang menurun, angka kematian yang meningkat dan pembiayaan kesehatan yang dikeluarkan pemerintah semakin besar. Pada masa pandemi ini, beban tersebut terasa makin berat dimana infeksi Covid-19 juga memberikan dampak terhadap kesehatan ginjal. Kejadian gangguan ginjal akut pada infeksi Covid-19 juga perlu mendapatkan perhatian yang besar karena tentunya meningkatkan keparahan infeksi, kebutuhan dialisis, dan meningkatkan mortalitas. Pasien yang menjalani terapi pengganti ginjal pun juga tidak lepas dari ancaman infeksi Covid-19.

Terima kasih kami ucapkan kepada teman sejawat dari PERNEFRI Korwil D.I Yogyakarta, dr Iri Kuswadi dan Tim, serta seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan pertemuan ilmiah tahunan ini. Semoga Kongres Nasional XIV dan PIT PERNEFRI 2020 yang diselenggarakan secara virtual ini berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat bagi kita semua.

Jakarta, 11 September 2020

dr. Aida Lydia, PhD, SpPD-KGH
Ketua Umum PB Pernefri